Home » Ilmu Penyakit » Apa yang perlu kita ketahui tentang Swine Flu (flu babi)

Apa yang perlu kita ketahui tentang Swine Flu (flu babi)

Apa itu swine flu (flu babi) ? Bagaimana flu babi dapat diobati?

Flu babi adalah penyakit yang terjadi pada babi. Suatu penyakit pernapasan yang sangat menular yangdisebabkan oleh salah satu dari sekian banyak virus  influenza  A.  Sekitar 1% dari babi yang mendapatkan penyakit flu babi menderita kematian karena hal tersebut. Penyakit  ini menular antar  babi ke babi baik dengan kontak langsung dan tidak langsung, melalui udara, dan dari babi lain yang telah terinfeksi namun tidak menampakkan adanya gejala. Di banyak tempat di seluruh dunia babi peliharaan biasanya diberi vaksinasi untuk melawan penyakit tersebut.  Secara umum penyakit flu babi berasal dari subtype virus influenza H1N1. Namun, tidak tertutup kemungkinan juga berasal dari jenis virus lainnya, seperti  H1N2, H1N3 dan H3N2. Wabah flu babi  yang terjadi saat ini penyakit yang telah menginfeksi manusia adalah jenis H1N1 – Jenis yang tidak terlalu berbahaya dibandingkan yang lain.

Avian influenza (Flu Burung) juga dapat menyerang babi

Avian flu dan virus flu musiman pada manusia juga dapat menyerang babi, seperti halnya swine flu. Virus influenza subtype H3N2 adalah jenis yang paling mematikan, yang diduga berasal dari babi – yang kemudian menular pada manusia. Dan sangat memungkinkan pada babi untuk dapat terinfeksi lebih dari satu subtype virus flu pada saat yang bersamaan. Ketika hal ini terjadi gen-gen dari virus tersebut memiliki kesempatan untuk menyatu. Ketika beberapa subtipe dari flu menyatu akan melahirkan suatu jenis virus baru yang mengandung gen-gen dari sumber yang berlainan. – yang disebut reassortant virus. Walaupun swine flu cenderung menginfeksi babi, tapi virus-virus tersebut mampu melewati penghambatnya dan menginfeksi manusia, dan hal ini kadang kala sering terjadi.

Apa resiko flu babi bagi kesehatan manusia ?

Terjadinya wabah yang menginfeksi manusia karena virus yang berasal dari babi bisa terjadi dan kadang-kadang dibuktikan dengan adanya laporan terjadinya kasus tersbut di beberapa tempat. Gejala-gejala yang muncul karena infeksi dari subtype virus tersebut mirip dengan gejala-gejala yang terjadi pada influenza musiman yang tejadi pada manusia. Hal tersebut dapat berkisar dari serangan ringan atau tanpa gejala sama sekali sampai serangan berat dan kemungkinan terjadinya pneumonia yang mematikan.

Sebagaimana terjadinya gejala flu musiman pada manusia, gejala flu babi juga memiliki kekhasan yang sama dengan gejala flu biasa. Serta penyakit-penyakit  lain yang menyerang saluran pernapasan bagian atas, Oleh karena itu serangan flu babi yang menyerang pada manusia kadangkala tidak terdeteksi dan biasanya baru akan terdeteksi ketika terjadi perubahan trend ketika dilakukan surveilans pada penyakit influenza biasa.

Jika gejala-gejala yang muncul pada si penderita itu ringan, orang lain tidak akan menyangka bahwa si penderita telah terjangkit oleh flu babi. Walaupun pada hakikatnya si pasien benar-benar telah terjangkit oleh virus flu babi tersebut.

Dengan kata lain, kecuali para dokter dan ahli secara khusus menyelidiki flu babi secara specifik, maka penyakit ini jarang terdeteksi. Karena itu, kami benar-benar tidak tahu tentang seberapa besar resiko manusia akan terjangkit flu babi secara luas.

Beberapa contoh dari  flu babi yang menyerang manusia yang telah diketahui

Sejak WHO melaksanaan IHR pada tahun 2007, mereka telah menemukan tentang kasus babi babi pertama kali terjadi di Amerika Serikat dan Spanyol.

Pada bulan Maret / April 2009 kasus manusia  yang terjangkit flu babi A (H1N1) pertama kali dilaporkan terjadi di California dan Texas. Kemudian beberapa negara lain juga melaporkan kasus yang serupa. Sejumlah besar kasus yang menyerang manusia selama periode yang sama juga telah dilaporkan terjadi di Meksiko – di mulai dari Mexico City, tetapi sekarang hampir di seluruh berbagai penjuru dunia. kasus Lebih besar juga dilaporkan terjadi di Kanada, Eropa, dan Selandia Baru – terutama dari orang-orang yang pernah menetap di Meksiko.

Bagaimana manusia dapat terjangkit flu babi ?

  • Dari kontak dengan babi yang terinfeksi (cara yang paling umum)
  • Dari kontak dengan manusia terinfeksi (cara yang jarang terjadi)

Penularan dari manusia ke manusia sangat jarang ditemukan, dan walaupun ada biasanyanya terjadi pada orang-orang yang memilki hubungan dekat dengan si penderita awal.

Dimana pertama kali babi terinfeksi?

Sebagai mana kita ketahui penyakit flu babi bukanlah penyakit yang dilaporkan secara internasional, jadi kita tidak bisa sepenuhnya yakin dari mana pertama kali kasus flu babi ini berasal. Untuk saat ini bahwa di Amerika Serikat diketahui sebagai daerah endemik flu babi. Wabah juga terjadi di bagian lain dari Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, Cina, Jepang, dan bagian lain di Asia.

Apakah akan ada risiko terjadinya pandemi?

Orang yang tidak pernah mengalami kontak dekat dengan babi umumnya tidak memiliki kekebalan terhadap virus flu babi – mereka sepertinya tidak akan mampu mencegah teriinfeksi oleh virus tersbut. Jika virus menulari cukup banyak orang di daerah tertentu, maka resiko terjadinya pandemi flu babi sangat besar.

Para ahli mengatakan bahwa sangat sulit memprediksi bahwa impact (pengaruh) Pandemi flu yang disebabkan oleh flu babi akan mempengaruho populasi manusia secara global. Hal ini akan tergantung pada seberapa mematikanny virus ini. Dan bagaimana dengan imunitas (kekebalan) manusia yang telah ada sebelumnya terhadap penyakit flu, serta ditambah beberapa faktor lain.
Apakah kita memiliki vaksin flu babi yang specifik?

Tidak – tidak ada untuk manusia.

Apakah vaksin flu yang telah ada saat ini dapat membantu melindungi orang-orang dari infeksi flu babi?

Kami benar-benar tidak tahu. Virus influenza beradaptasi dan berubah sepanjang waktu. Maka jika vaksin itu dibuat, vaksin tersebut harus specific terhadap strain beredar pada saat ini maka vaksin itu akan menjadi efektif. WHO mengatakan perlu sebanyak meneliti semua subtype dari virus-virus tersebut, sehingga dapat dibuat kandidat vaksin yang tepat untuk setiap subtype virus.

Apakah tanda dan gejala dari Swine flu yang menyerang Manusia ?

Pada dasarnya tanda dan gejalanya menyerupai flu biasa yang terjadi pada umumnya, dan termasuk di dalamnya adalah :

  • Sakit di sekujur tubuh
  • Batuk
  • Menggigil
  • Diare (jarang terjadi)
  • Sakit kepala
  • Sakit tenggorokan
  • Demam
  • Kelelahan (Fatigue)
  • Muntah (jarang terjadi)

Obat apa yang tersedia untuk mengobati flu babi?

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat secara efektif mengobati infeksi flu babi pada manusia – dan berbagai jenis infeksi flu lainnya pada manusia.

Ada dua tipe utama untuk obat tersebut:

  • Adamantanes (amantadine dan remantadine)
  • inhibitor neuraminidase influenza (oseltamivir dan zanamivir)

Kebanyakan flu babi yang menyerang manusia sebelumnya pulih total tanpa membutuhkan perawatan dan pengobatan medis.

Apa yang dapat kita lakukan sebagai pencegahan diri dari terinfeksi flu babi?

  • Cuci tangan dengan sabun secara teratur
  • Biasakan untuk hidup sehat
  • Sediakan waktu yang cukup untuk istirahat (tidur)
  • Hindari stress
  • Minum air sesuai kebutuhan air harian
  • Makanlah makanan dengan nutrisi seimbang
  • Hindari menyentuh sesuatu yang dikhawatirkan mengandung virus
  • Jangan telalu dekat dengan seseorang yang menderita sakit
  • Hindari dari area padat penduduk yang sedang terjangkit wabah swine flu (flu babi)

Jika saya telah terinfeksi, Bagaimana saya mencegah agar orang lain tidak tertular ?

  • Batasi bersentuhan langsung dengan orang lain
  • Jangan datang ke tempat kerja atau sekolah sebelum anda yakin telah sembuh dengan sempurna
  • Ketika anda batuk atau bersin tutup mulut anda dengan tissue. Jika tidak memiliki tissue, gunakan tangan anda untuk melindungi mulut dan hidung
  • Buang tissue bekas pakai anda di keranjang sampah
  • Cuci tangan dan wajah anda secara teratur
  • Bersih benda-benda atau permukaan yang telah anda sentuh
  • Ikuti segala instruksi yang diberikan dokter anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: